Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang mengendarai sepeda gunung listrik (e-MTB), adalah di mana Anda bisa mengendarainya . Setelah Anda menemukan jejak Anda, Anda harus mengendarai dinamo bantuan pedal sedikit berbeda dari yang Anda lakukan saat mengendarai sepeda gunung standar.
Jika Anda sedang berbelanja e-MTB, artikel kami Cara Memilih Sepeda Listrik menawarkan tip pembelian umum. Motivasi besar untuk mendapatkan sepeda gunung elektrik adalah untuk memperluas opsi berkendara Anda: Anda dapat menempuh jalur yang lebih panjang dan curam atau menaiki rute favorit Anda dua kali, bukan hanya sekali. Sebuah e-MTB juga memungkinkan untuk menjangkau sistem jalan setapak yang mungkin hanya dapat Anda akses melalui lift ski atau kendaraan.
Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengendarai sepeda gunung listrik.
Berkendara dengan Irama yang Lebih Cepat
Manfaat besar e-MTB adalah peningkatan daya panjat (torsi). Motor bantuan pedal akan menghasilkan lebih banyak torsi lebih cepat jika Anda memutar lengan engkol lebih cepat—pada irama yang lebih tinggi. Irama bervariasi dengan preferensi pribadi; pengendara sepeda biasa mungkin rata-rata 30 hingga 40 rpm (putaran per menit), sedangkan pengendara e-MTB ingin berada di kisaran 50 hingga 60+ rpm. Irama yang lebih cepat menghasilkan motor yang lebih efisien (memperpanjang masa pakai baterai) dan memberikan rasa bantuan pedal yang lebih alami saat Anda berkendara.
Hati-hati dengan Serangan Pedal
Batuan, akar, bekas roda, dan sejenisnya semuanya dapat menangkap bagian bawah pedal Anda saat mengayuh ke bawah. Dan irama yang lebih cepat berarti lebih banyak downstroke per pengendaraan, jadi Anda harus waspada. Itu berarti memilih garis Anda dengan hati-hati dan menegosiasikan bagian samar dengan meluncur dengan pedal pada level yang sama atau menggunakan gerakan ratcheting di mana Anda memutar pedal kembali segera setelah pedal terdepan sejajar dengan pedal belakang.
Untuk membantu Anda menghindari nasib ini, banyak e-MTB hadir dengan lengan engkol yang lebih pendek daripada sepeda gunung konvensional. Awalnya, menggunakan irama yang lebih cepat dengan lengan engkol yang lebih pendek dapat terasa seperti Anda sedang mengendarai sepeda anak kecil, mengayunkan roda kecilnya dengan kecepatan jutaan rpm. Namun, setelah Anda berkendara sebentar, segalanya akan terasa lebih alami.
Go Easy di Turbo Power
Mengendarai dalam pengaturan daya tertinggi (istilah untuk itu bervariasi pada merek sepeda yang berbeda) adalah cara cepat untuk menyedot masa pakai baterai Anda, jadi gunakan daya turbo dengan bijaksana. Sebagian besar pengendara menyimpannya untuk pitch paling curam di jalan setapak.
Salah satu konsekuensi yang tidak disengaja dari melompat ke pengaturan daya teratas pada pendakian yang curam adalah Anda sebenarnya dapat membalikkan diri. Jadi bereksperimenlah dengan pengaturan yang berbeda pada beberapa pendakian pertama Anda untuk merasakan pengaturan mana yang bekerja paling baik di setiap tingkat tanjakan jalan setapak. Anda juga harus lebih condong ke depan dan meluncur ke depan di kursi Anda.
Rem Lebih Awal dan Antisipasi Lebih Banyak
Penambahan motor (dan baterai) membuat e-MTB Anda lebih berat dan lebih cepat, jadi Anda harus mengerem lebih awal sebelum berbelok atau kapan pun Anda ingin menurunkan kecepatan. Bantuan pedal juga memudahkan membawa lebih banyak kecepatan melalui belokan, jadi bersandarlah lebih banyak pada belokan Anda.
Karena bantuan melambat saat mengayuh Anda melambat dan berhenti sama sekali saat Anda berhenti mengayuh, Anda juga harus lebih berhati-hati tentang tempat yang ingin Anda bawa momentumnya. Jadi pertahankan irama Anda setiap kali Anda mendekati tanjakan (agar Anda tidak berhenti) atau tanggul (agar Anda bisa menjepret di sekitarnya).
Kuasai Permainan Darat Anda
Memiliki sepeda yang lebih berat secara keseluruhan berarti mengikuti kontur tanah lebih dekat: Anda akan berguling melewati rintangan yang mungkin Anda lompati dengan sepeda gunung konvensional, misalnya. Dan, saat Anda melompat, Anda akan jatuh lebih cepat.
Lebih berat pada e-MTB juga berarti lebih banyak traksi. Itu bisa menjadi nilai tambah saat Anda melakukan kontak di tempat-tempat di mana sepeda pedal Anda biasa selip. Apakah Anda melihatnya sebagai baik atau buruk, itu adalah sesuatu yang diperhitungkan selama perjalanan Anda.
Jadilah Duta yang Baik
Hukum dan aturan untuk e-sepeda perkotaan dan e-MTB sedang berkembang . Namun, aman untuk mengatakan bahwa banyak pengguna jejak lainnya yang skeptis tentang berbagi wilayah mereka dengan sepeda gunung listrik. Beberapa melihat bantuan motor apa pun, bahkan bantuan pedal saja, sebagai dasar untuk melabeli sepeda elektronik sebagai "sepeda motor" dan membuangnya ke area ORV. Banyak pengendara sepeda gunung lama khawatir bahwa kerja bertahun-tahun untuk mendapatkan penerimaan akan dirusak.
Jadi saat Anda berkendara, periksa kembali apakah peraturan jalur terbaru mengizinkan akses e-MTB. Usahakan untuk sering mengalah kepada pengguna jalan lain dan melambat saat Anda mendekati mereka dari belakang. Lebih baik lagi, berikan waktu Anda secara sukarela untuk membantu menjaga jalan setapak di area Anda; yang akan membangun niat baik dan membantu memastikan jalur tersebut dalam kondisi yang baik untuk semua pengguna.